Tokoh Wayang Jawa Purwa Sukarsana Sukesi dan Sumali

Friday, September 11, 2015

Sukasarana

Sukasarana adalah putra Begawan Suwandagni, bersaudara dengan Bambang Sumantri, Bambang Sukasarana berperangai raksasa kerdil, dan Sumantri berwujud satria namun walaupun jelek rupanya Bambang Sukasarana punya kesaktian yang tak bisa diabaikan. Ketika Bambang Sumantri diperintah oleh Prabu Harjunasasrabahu mengalihkan taman Sriwedari dari kayangan Untara ke Mahespati Sukasaranalah yang dapat mewujudkannya, namun apa yang didapat oleh Sukasarana yang saying sekali pada kakaknya, adalah sebuah kematian. Karena hati Sumantri malu apabila ia diketahui oleh rajanya punya seorang adik berwujud raksasa kerdil, hal ini diterima oleh Sukasarana namun ia akan menuntut balas apabila nanti Sumantri berhadapan dengan seorang raja raksasa disitulah Sukasarana akan membalas Sumantri.

Sukesi

Sukesi adalah putra Prabu Sumaliraja, raja setengah raksasa Alengka, dimasa remaja Dewi Sukesi memiliki cita-cita apabila nanti sang Dewi dilamar seorang pria, sang pelamar harus dapat menjabarkan “Sastra Jendra Hayuningrat” datanglah masa remaja Sukesi hingga banyak yang pelamar sand Dewi selain harus dapat menjabarkan “Sastra Jendra Hayuningrat” sang pelamar harus dapat mengalahkan Jambumangli. Tersebutlah Begawan Wisrawa yang mencarikan jodoh anaknya datang melamar sang Dewi, persaratanpun dipenuh oleh Wisrawa, Jambumangli mati ditangan Wisrawa dengan anggota badan terpotong-potong, dan penjabaran “Sastra Jendra Hayuningrat” penjabarannya dilakukan didalam kamar sudah jadi suratan dewata siapapun yang menjabarkan ajian tersebut maka keduanya akan saling jatuh cinta, begitulah yang dialami Sukesi.

Sumali

Sumali adalah raja Negara Alengka, sang Prabu punya dua orang putra yakni Dewi Sukesi dan Raden Prahasta, sebelum terkena imbas “Sastra Jendra Hayuningrat” Raden Prahasta berwajah tampan, namun ia berani mengintip Wisrawa dan Sukesi yang sedang menjabarkan “Sastra Jendra Hayuningrat” maka hilanglah ketampanan Prahasta menjadi raksasa. Prabu Sumali setelah lanjut usianya Negara Alengka diberikan pada cucunya yakni Dasamuka, putra Sukesi dan Wisrawa, dan Sumali menjadi seorag Pendeta.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading