Tokoh Wayang Sengkanturunan, Sengkuni dan Sentanu

Thursday, June 4, 2015

Sengkanturunan
 Sengkanturunan adalah seorang raja di Negara Parangsari. Karena kesaktoiannya, ia menentang para dewa yang tak dapat menandinginya. Akhirnya Prabu Sangkanturunan dapat dikalahkan juga, ketika ia dikuasai oleh hawa murka, maka teranglah bahwa murka selalu membawa binasa, demikian juga tindakan yang dilakukan oleh Prabu Sangkanturunan.

Sengkuni
Sengkuni adalah Putra Prabu Suprala/Suwela raja Negara Plasajenar/Plasakuning, pada dewasanya Patih Sengkuni mengikuti kakaknya yakni Dewi Gendari, pada masa muda Patih Sengkuni bernama Raden Arya Suman parasnya tampan, namun karena kelakuannya ia dihajar oleh Gandamana hingga badannya menjadi rusak. Patih Sengkuni selalu membujuk para Kurawa agar bertindak jahat dan menumpas para Pandawa namun usaha Sengkuni selalu sia-sia, bahkan pada waktu perang Baratayuda Sengkuni mati ditangan Bima/Werkudara.

Sentanu

 
 Sentanu adalah putra Prabu Pratipa raja Astina, Sentanu setelah punya permaesuri lalu dinobatkan oleh ayahandanya menjadi raja di Astina, dan ayahnya pergi kehutan untuk bertapa dan menjadi Pendeta. Permaesuri Prabu Sentanu adalah Dewi Gangga seorang bidadari yang berasal dari kayangan Suralaya, dalam bertata Negara dan berumahtangga Prabu Sentanu hidup sejahtera tak kurang suatu apa, namun perpisahannya dengan Dewi Gangga segera terjadi manakala sang Dewi melahirkan putra yang kedelapan namun tak boleh dibuang ke sungai, hal ini menjadikan kemarahan Dewi Gangga dan segera meninggalkan sang Prabu kembali ke Suralaya.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading