Tokoh Wayang Sasrawindu, Dewi Sawitri dan Sayempraba

Wednesday, June 3, 2015



Sasrawindu

 

Sasrawindu adalah anak Kangsadewa yang mati dbunuh oleh Raden kakrasana dan Narayana pada lakon aben Sawung Mandura, dalam kehidupa Prabu Sasrawindu diwarnai rasa dendam kepada raja Mandura dan Dwarawati. Sasrawindu ratu Sengkapura kemudian bersekutu dengan raja Astina Duryudana untuk dapat membunuh musuh ayahnya, namun karena orang-orang yang menjadi incarannya adalah satria yang sakti pilih tanding. Malahan Prabu Sasrawindu mati ditangan Prabu Kresna, dan Pendetanya mati ditangan Begawan Anoman.

Dewi Sawitri




Sawitri/Dewi Sawitri adalah istri Bambang Setyawan, pada suatu hari mereka sedang menjadi pengantin baru, dan dua sejoli sedang berkasih-kasihan dihutan namun tiba-tiba Batara Yamadipati berkelebat menjemput kematian Bambang Setyawan. Karena kesetiaan Sawitri pada suaminya kemana pergi Batara Yamadipati diikuti hingga Dewi Sawitri dikaruniai bebrapa kebahagiaan diantaranya kebuataan mertua Sawitri bisa sembuh, dan berhasil menjadi raja kembali dan yang terakhir sang Dewi bisa minta kembali kehidupan suaminya, hingga hidup berdampingan damai selamnya.



Sayempraba




Sayempraba adalah putra Prabu Wisakarma, negaranya Guawindu yang dikutuk oleh dewata dan hanya tinggal sanggar pamujan, yang kemudian untuk tempat tinggal Dewi Sayempraba yang kemudian menjadi istri simpanan Prabu Dasamuka. Ketika lakon Anoman Duta Dewi Sayempraba membuat mata Anoman menjadi buta dan tidak bisa melihat indahnya alam, namun Anoman akhirnya ditolong seekor burung yang bernama Sempati hingga sembuh kembali, akhirnya selesai menunaikan tugas menjadi Duta Dewi Sayempraba diperistrinya, hingga lahirlah Trigangga.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading