Tokoh Wayang Bambang Setyawan, Dewi Setyawati dan Dewi Sinta

Saturday, June 6, 2015

Bambang Setyawan
Setyawan/Bambang Setyawan adalah putra Begawan Yumatsena, dalam lakon Dewi Sawitri terlukis tentang perkawinan sang Dewi dengan Babang Setyawan yang usianya tinggal 3 bulan lagi, namun karena rasa cinta, kasih sayang, dan kesetiaan terhadap suaminya. Walaupun bagaimana nanti jadinya ditempuh juga oleh Dewi Sawitri, ketika mereka berdua tengah asik memadu kasih dihutan tiba-tiba ajal telah menjemput Bambang Setyawan. Namun Dewi Sawitri tidak gugup dan takut, malahan ia mengikuti Batara Yamadipati yang membawa pergi sukma Setyawan, akhirnya setelah mereka mengadu argumentasi, Bambang Setyawan bisa hidup kembali bersama-sama Dewi Sawitri dalam keluarga yang sejahtera.

Dewi Setyawati
 
 Setyawati nama mudanya adalah Dewi Pujawati anaknya Begawan Bagaspati di pertapaan Argabelah, pada suatu malam sang Dewi bermimpi bertemu dengan Raden Narasoma. Maka ayahandanya pergi mencari kesatria yang bernama Raden Narasoma, tak berapa lama perjalanan Begawan Bagaspati telah bertemu dengan Narasoma yang kemudian dihadapkan pada anaknya yakni Dewi Pujawati, dan setelah kawin dengan Narasoma dialih nama Dewi Setyawati dalam akhir hidupnya Dewi Setywati membela suaminya yang telah gugur dalam medan perang Baratayuda.

Dewi Sinta
Sinta/Dewi Sinta adalah putra Prabu Janaka di Negara Mantili setelah dewasa ia mengadakan sayembara untuk menentukan siapa jodoh Dewi Sinta. Dengan ketentuan barang siapa dapat mengulur tali busur panah pusaka kerajaan Mantili akan dijodohkan dengan Dewi Sinta. Namun dari beberapa raja, satria tak ada yang mampu menarik tali busur panah Mantili, kemudian tampil kegelanggang sayembara Raden Ramawijaya putra mahkota Ayodya, karena kesaktian dan ketulusan hati Ramawijalah yang berhasil memenangkan sayembara. Akhirya Sinta diboyong ke Ayodya menjadi istri Ramawijaya, namun dalam kehidupan Dewi Sinta dirundung duka yang berkepanjangan, akibat ulah Dasamuka hingga bertahun-tahun sang Dewi menjadi tawanan Rawanaraja.

 

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading