Tokoh Wayang Purwa Salya Samba Dan Sambo

Monday, June 1, 2015

Prabu Salya

Prabu Salya





Salya/Prabu Salya adalah putra Prabu Hartadriya, raja Negara Mandaraka dimasa muda Sang Prabu bernama Raden Narasoma, oleh ramandanya disuruh kawin dengan seorang putri namun tidak mau dan diusirlah dari Mandaraka. Dalam perjalanan bertemu dengan Begawan Bagaspati yang juga mau mengawinkannya dengan anaknya namun Narasoma tidak mau dan teradilah peperangan, Narasoma kalah dan dibawa ke pertapaan Argabelah, dan kawin dengan anak Begawan Bagaspati, yang bernama Dewi Pujawati, diakhir hidup Prabu Salya gugur melawan Prabu Puntadewa, dalam perang Baratayuda Jayabinangun perangnya keluarga Kurawa dan Pandawa.

Samba

Tokoh Wayang Samba





Samba adalah putra Prabu Kresna dengan Dewi Jembawati, walaupun Samba itu anak seorang raja titisan Batara Wisnu namun tidak punya kesaktian sedikitpun, pada suatu hari Samba dimarahi oleh Prabu Kresna, oleh pada saat itu dewata mau menurunkan wahyu karaton bernama Wahyu Cakraningrat, Samba disuruh mencarinya dihutan Krendawahana, ditemani oleh Setyaki, namun juga tidak berhasil mendapat wahyu Cakraningrat, dalam akhir hidupnya Samba dicincang oleh kakaknya Prabu Bomanarakasura karena Samba menuruti nafsu asamaranya senang dengan istri Bomanarakasura, Dewi Hagnyawati.

Sambo

Wayang Sambo





Sambo adalah putra Batara Guru dengan Batari Umayi, bertempat tinggal di kayangan Swelagringging. Permaesurinya bernama Dewi Hastuti, dari perkawinan ini Batara Sambo menurunkan empat orang putra yaitu, Batara Sambosa, Batara Sambawa, Batara Sambojana, dan Batara Sambodana. Batara Sambo jarang tampil dalam perkeliran tetapi ia pernah turun ke Arcapada menjadi raja di Negara Medangprawa bergelar Prabu Sri Maharaja Maldewa, sedangkan Patihnya bernama Arcakelasa.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading