Tokoh Wayang Jawa Sadewa Sakri dan Sakuntala

Monday, June 1, 2015

Sadewa

Tokoh Wayang Sadewa


Sadewa adalah putra Dewi Madrim dengan Prabu Pandudewanata, kesatria ini merupakan bungsu keluarga Pandawa, Raden Sadewa pernah diminta oleh Batari Durga supaya mau meruwat dirinya dari wujud raksasa manjadi cantik kembali. Sadewa pun tidak mau karena tidak pernah meruwat seperti yang diperintahkan oleh Batari Durga, hal ini sempat diketahui oleh Batara Guru lalu sang raja Dewata menyatu ke raga Sadewa, dan meruwat Batari Durga hingga menjadi cantik seperti sedia kala. Pada lakon tersebut Sadewa mendapatkan jodoh Endang Pradapa dan nama baru Raden Sudamala.

Sakri

 
Tokoh Wayang Sakri



Sakri adalah anak Bambang Sekutrem. Sesudah berhasil mengalahkan musuh yang menyerang di Kayangan Suralaya, ia dianugrahi gelar Betara. Bermula Bambang Sakri ingin memperistri bidadari, tetapi kehendak ini tidak terkabul. Sekali waktu ketika ia berada ditengah huta, ia berjuma dengan Prabu Partawijaya, raja Tabelasuket, Bambang Sakri diminta untuk memperistri putrinya, tetapi ia menolak. Maka terjadilah perang dan Sakri kalah kemudian dikawinkan dengan putrinya bernama Dewi Sati, dari perkawinan inilah lahir Parasara.

Sakuntala

Tokoh Wayang Sakuntala
Sakuntala adalah putra Prabu Wiswamitra dan Batari Maenaka, setelah melahirkan Maenaka meninggalkan bayinya ditepi sungai Malini, kemudian bayi diasuh oleh burung Sakunta, yang kemudian diasuh oleh Begawan Kanwa, pada saat usia sang Dewi menginjak dewasa pertapaan Begawan Kanwa kedatangan Prabu Barata yang sedang berburu di hutan sekitar pertapaannya Begawan Kanwa. Setelah Prabu Barata melihat kecantikan Dewi Sakuntala maka tertariklah hati sang Prabu untuk memperistri Dewi Sakuntala, kemudian perkawinan mereka disahkan oleh Resi Kanwa dengan cara kawin Pendeta yang kelak dikemudian hari dari perkawinan mereka lahirlah Sarwadamana.

 

 

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading